Monday 28 September 2015

Daftar Uber Taxi - Contoh Daftar Uber, Langkah - langkah Daftar Uber, Informasi Daftar Uber Pemula

Disini saya akan menjabarkan bagaimana cara kalian mendaftarkan mobil pribadi atau rental ke uber taxi. Pengalaman pribadi saya mendaftarkan mobil sendiri ke Uber Taxi dimulai tanggal 11 Agustus 2015, saat itu saya mencari alamat office Uber dan yang saya dapat di wilayah Jakarta Selatan tepatnya di gedung Pacific Place, langsung di hari yang sama saya menuju ke lokasi bersama teman saya yang nantinya menjadi partner untuk mobil saya. Sampai di Pacific Place saya tanya kepada security dimana tempat masuk untuk kantor Uber Taxi pak!? beliau menjawab itu bapak jalan saja ke belakang gedung dekat dengan Starbucks dan pintu masuk belakang Hotel Ritz Carlton! baik Terima Kasih pak!. Sampailah saya disana, saya liat ada reception disitu, saya samperin langsung disapa selamat siang mas! ada yang bisa dibantu? "waktu itu siang hari jam 14:00" siang pak saya mau ke Uber Office!? oh iya ada di lantai 15 ya mas! Ktp/Sim saja serangkah kesini untuk ditukarkan visitor id! baik pak! satu id untuk satu pengunjung akhirnya saya serahkan ktp teman dan saya. Naik lah saya ke lantai 15 mengunakan akses tersebut. Sampai disana ketemu lagi reception Uber Office, disapa lagi selamat siang mas! siang mba! saya mau mendaftarkan mobil beserta pengemudinya untuk satu unit, mba-nya langsung jawab sudah ada janji atau belum!? saya jawab belum mba! "dijawab lagi sama mba-nya" mas kalau belum ada janji buat dulu janji ini saya kasih kartu namanya nanti bisa di daftar dahulu disitu tertera ketentuannya SMS, Email dan langsung ke websitenya berikut saya lampirkan foto kartu nama dari reception Uber dibawah:



Setelah mendapatkan kartu nama akhirnya saya pulang gak lama saya di gedung Pacific Place sekitar 15 menit, sedikit kecewa sih gak bertemu langsung dengan pegawai langsung Uber-nya, tapi dari pada pulang dengan tangan kosong.
Sampainya dirumah saya langsung daftarkan melalui SMS dan Whatsapp ke nomer yang tertera, dan  mendaftarkan juga memalui web yang tertera di kartu nama yaitu t.uber. com/daftar berikut tertera dibawah ini sebagai contoh:


Begitulah yang saya lakukan di hari itu selanjutnya tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Uber untuk menuju langkah selanjutnya.

Alhasil setelah saya mendaftar ditanggal 11 Agustus 2015 akhirnya saya dapat balasan SMS ke no saya mengajak saya untuk menghadiri Uber Jakarta Event berikut contoh balasan sms dari Uber Taxi:



Digambar tersebut anda bisa melihat per tanggal berapa Uber baru mengundang saya untuk menghadiri, terhitung dari tanggal 11 Agustus 2015 awal saya daftar sampai dengan tanggal 8 September 2015, hampir satu bulan kurang 3 hari! WoW!!.
Langsung saya mengakses ke website yang tertera, disitu diminta untuk membuat jadwal pertemuan sendiri sesempatnya anda kapan waktu yang bisa untuk menghadiri event tersebut, dan ada beberapa wilayah yang anda bisa pilih dekat dengan lokasi anda tinggal. 

Hati-hati dalam memilih event karena di web tersebut akan tertera untuk info partner dan info driver sebaiknya memilih sesuai dengan fungsi anda masing-masing berikut tertera sebagai contoh:


1. Info Event Partner

Adalah pemilik mobil akan diberikan pembinaan dari pihak Uber agar mengetahui penghasilan, seberapa jumlah tarikan perhari, berbagi pengalaman dengan pemilik kendaraan lain, aplikasi yang digunakan, bagaimana berbagi hasil dengan pengemudinya dan masih banyak lagi hal-hal positif yang anda bisa ketahui di event ini, berikut adalah contoh dari web pendaftaran event untuk Info Partner:


Setelah mengisi semua yang dibutuhkan dan juga menyiapkan apa saja perlengkapan yang harus dibawa ketika hadir di event tersebut untuk pemilik kendaraan. Langkah selanjutnya click tombol Register dan berikut ini adalah contoh page selanjutnya dari Info Partner ini:


Selanjutnya anda akan di email dari uber untuk mengkonfirmasi kalau data anda sudah masuk ke event tersebut, jika ada perubahan waktu dan tempat di kemudian hari maka pihak uber akan sms/telpon ke nomer yang anda cantumkan di form registrasi tersebut.

2. Info Event Driver

Adalah pengemudi mobil yang akan diberikan pembinaan bagaimana mencari pelanggan, mengunakan aplikasi uber di handphone, jumlah bonus yang di dapat, dan lain-lain anda bisa berbagi pengalaman langsung dengan driver yang sudah lama di bidangnya, berikut adalah contoh web page dari info driver:


Setelah mengisi semua yang dibutuhkan dan juga menyiapkan apa saja perlengkapan yang harus dibawa ketika hadir di event tersebut untuk pengemudi. Langkah selanjutnya click tombol Register dan berikut ini adalah contoh page selanjutnya dari Info Driver ini:


Sudah semua dilengkapi saya sebagai pemilik kendaraan dan teman saya sebagai driver mobil saya nantinya, waktu itu untuk saya waktu kehadiran itu tanggal 9 September 2015 dan untuk pengemudi di tanggal 10 September 2015, berbeda jadwal kehadiran saya dengan teman saya.

Kelengkapan yang saya bawa untuk keesokan harinya foto copy STNK mobil (belum ada BPKBnya masih leasing), KTP, Sertifikat Asuransi mobil, SIM A pengemudi, SKCK pengemudi, SKU belum ada, waktu itu saya registrasi atas nama individual disaat pendaftaran form awal diatas (t.uber. com/daftar).

Keesokan harinya tanggal 9 September 2015 jam 16:00, sesampai disana banyak sekali orang yang datang sekitar 35-40 orang yang hadir di hari itu, sebelum masuk isi form kehadiran dan sebutkan nama beserta nomer handphone untuk verifikasi. Saya masuk dan duduk di dalam seperti perkumpulan resmi dan ada yang mempresentasikannya, akhirnya datang tepat waktu sekali juru bicara dari Uber, banyak sekali yang di jabarkan disitu sampai dengan details dan link-link mereka yang ada di dunia, diselang waktu saat pengarahan saya berbincang-bincang dengan seseorang sebelah saya bapak-bapak yang umurnya perkiraan 50-60 tahun. saya tanya? Pak baru mau masuk Uber? dijawab iya mas! berapa mobil pak!? saya punya 6 mobil mas!, saya tanya lagi oh bapak rental ya? iya mas saya punya rental sendiri!, ditanya sama bapaknya kepada saya, kalau mas sendiri? berapa mobil punyanya?! saya jawab wah pak saya hanya punya satu! si bapak pun kaget!!! wah mas setau saya minimal untuk ikut uber itu harus mempunyai 5 mobil!!, saya jawab yang bener pak!! tapi saya isi formnya saat pendaftaran awal di web uber itu individual pak!? dijawab sama bapak, kalau itu saya kurang paham mas!! nanti coba ditanyakan saja langsung kepada Ubernya, saya jawab!! baik pak!! terima kasih infonya "aduh dalam hati saya dek-dek an takut gak bisa udah datang kesini sia-sia". Gak lama dari pembahasan ini eh memang bener juru bicaranya yang didepan menjelaskan tentang ketentuan uber yaitu harus memiliki minimal 5 mobil beserta dengan bendera rental yang syah dan memiliki surat keterangan usaha dari kelurahan serta kecamatan setempat. "Bener bapak itu berbicara tadi sama saya, hampir pupus saat orang yang didepan menjelaskan seperti itu"

Sampailah dipenghujung acara jam menunjukan pukul 17:50, saat itu juru bicaranya melontarkan kata-kata kepada peserta, sampai disini ada yang mau ditanyakan "langsung saya mengangkat tangan dengan cepat, Saya Pak!!!" siapa namanya? silahkan berdiri!!, Saya mulai berbicara!! Nama saya Bowo disini saya seorang pemula yang ingin ikut Uber, mohon pencerahannya seperti yang dijelaskan sebelumnya oleh bapak bahwa harus memiliki bendera rental yang syah dan terdaftar serta minimal kepemilikan kendaraan yaitu 5 unit mobil, benar seperti itu pak!!?? dijawabnya!! Benar mas. Saya tanya kembali!!, nah kalau hanya perorangan tidak memiliki bendera rental dan 5 unit mobil bagaimana itu pak?!! dijawab!! Gampang mas, kamu tinggal ikut aja numpang bendera rental dengan ketentuan masing-masing dari rental untuk kerja samanya sama mas!!! "begitu jawaban dari juru bicaranya yang membuat hati saya tenang seengaknya datang tidak sia-sia" baik pak kalau begitu!! Terima Kasih!. Selesai acara saya bingung ini mau ikut bendera rental siapa ya, kalau saya ajukan langsung ke uber udah pasti ditolak, saya jalan menuju juru bicara tadi untuk menanyakan lebih lanjut bendera rental yang bisa dipercaya!! setelah saya melangkah!! ada yang manggil mas-mas-mas, saya nengok kebelakang, ngomong pake bahasa jawa daerah saya purwokerto-an, ditanya sama mas perkiraan umur 30-35 tahun-an, mas bowo ya!! iya betul saya jawab!! mas siapa ya?? saya kakaknya temen mas saat SD di jawa!! saya bingung sambil inget-inget mukanya!! nama temen saya saat SD siapa mas!?? adek ku itu Wanda namanya mas! langsung saya jawab ya ampun iya saya ingat karena waktu itu sering menyapa juga dirumahnya saat dijawa, saya tanya siapa nama mas maaf saya lupa?!! dijawab Wargo mas!!? iya mas Wargo saya ingat kakak dari temen SD saya waktu itu, tadi saya liat mas Bowo saat berdiri nanya, masnya udah punya rental?!! saya jawab!! nah ini dia mas baru mau tanya sama tadi yang berbicara didepan, saya kan hanya punya satu unit mobil gimana caranya ya mas Wargo!!!?? dijawab alah udah gampang sini ikut saya sambil duduk dulu, panjang cerita mengenai masa lalu akhirnya mas Wargo ini menjelaskan sudah ikut Uber dari dua tahun lalu dari awal 5 unit menjadi 25 unit saat ini!! WOW WOW WOW saya jawab!!! Sukses bener mas Wargo!!! ya sudah saya ikut bendera mas Wargo saja kalau begitu "saya langsung percaya karena saya kenal dengan adiknya dan rumahnya di jawa Purwokerto" singkat cerita saya ikut dengan mas Wargo dan menyerahkan data-data foto copy saya kepada mas Wargo, dicek sama mas Wargo kelengkapannya foto copy STNK, Sertifikat Asuransi, SIM A pengemudi dan SKCK lalu setelah itu mas wargo langsung menghampiri orang yang bekerja di bagian registrasi yang sudah kenal dengan mas Wargo sebelumnya, sudah diserahkan datanya saya di ajak merokok kedepan untuk berbincang-bincang lebih lanjut. Beginilah yang diperbincangkan saat itu, mas Bowo nanti ikut bendera saya untuk mobilnya saya ditanya mobil tahun berapa memang?!! saya jawab mobil tahun 2011 bulan Januari!! emm... berarti dikit lagi habis itu mas karena uber hanya terima mobil maksimal 5 tahun umurnya setelahnya tidak boleh digunakan kembali?? Saya jawab!! oh iya gak apa-apa mas nanti bisa ditukar dengan leasing saya setelah cicilan saya 2 tahun berjalan!! lalu ditanya lagi sama mas Wargo?? nanti drivernya siapa itu tadi!?? saya jawab ada mas temen saya besok hadir dia di pertemuan event driver sudah daftar melalui web Uber, dijawab sama mas Wargo jangan datang dulu nanti aja setelah mobil kamu terdaftar dan drivernya, nah baru nanti saya panggil untuk pengaplikasian handphone dan penjelasannya di training selanjutnya!! saya jawab ohh gitu ya nanti saya infokan kepada temen saya!! saya bertanya sama mas Wargo!!?? mas?? ini ada biayanya gak untuk numpang bendera sama mas!!?? ah gampang itu biasanya yang nitip ke saya ikut bendera cuma biaya administrasi setiap bulannya Rp. 200.000, gunanya hanya untuk pengiriman invoice dari uber dan data-data lainnya untuk admin rental saya di kantor, oh begitu?? baiklah!! saya minta no telephone mas Wargo untuk contact lebih lanjut!!

Setelah lima hari lamanya tanggal 14 September 2015 dari penyerahan data mengikuti bendera rental kakak dari teman saya akhirnya mobil saya beserta teman saya sebagai pengemudi terdaftar syah sebagai mobil uber dan driver. Ketentuan dari uber pun dijabarkan kepada saya sebagai berikut:

Ketentuan dari Uber untuk Pemilik dan juga Pengemudi
  1. Mobil saya adalah jenis mobil yang bisa masuk Uber X dan Uber Black.
  2. Sistem gajian adalah setiap hari rabu/seminggu sekali.
  3. Senin - Jumat dari jam 04:00 s/d 09:00 dan 16:00 s/d 21:00 akan ada penambahan Rp. 30.000 setiap tripnya atau sekali jalan plus dengan argo yang tertera.
  4. Bensin tidak ada pergantian dari pihak uber, tetapi bisa di gantikan dari nilai subsidi Rp. 30.000 untuk mencari setoran bensin perminggunya.
  5. Setiap hari rabu akan dikirimkan invoice ke bendera rental melalui system mereka yang sudah terinstall di bagian admin rental yang nantinya di distribusikan ke kita melalui email dari para bendera rental anda.
  6. Hitungan pembagian hasil yang saya bina dengan pengemudi saya adalah 65% untuk saya dan 35% untuk pengemudi + Bonus hitungan saya.


Saran dan Pesan 

  1. Siapkan data-data yang akurat sesuai dengan permintaan Uber untuk pemilik kendaraan. (SKU, SIUP, STNK/BPKP, Sertifikat Asuransi)
  2. Maksimal umur mobil/unit adalah 5 tahun.
  3. Minimal pendaftaran ke Uber yaitu 5 unit mobil beserta driver.
  4. Memiliki bendera rental yang sudah terdaftar syah seperti CV atau PT.
  5. Siapkan data-data yang akurat sesuai dengan permintaan Uber untuk driver/pengemudi. (SIM A dan SKCK)
  6. Surat-surat pelengkap harus yang masih aktif atau tidak kadaluarsa contoh seperti pajak kendaraan   harus hidup, sertifikat asuransi yang masih berlaku, SIM A dan SKCK.
  7. Jika memiliki mobil/unit kurang dari 5 maka disarankan untuk menumpang bendera rental yang sudah terdaftar atau sudah menjadi partner uber yang bisa dipercaya adanya.
  8. Memiliki handphone android atau iphone untuk operasional pengemudi.


Demikian informasi dari saya sesuai pengalaman pribadi yang saya lakukan sebelumnya, semoga bisa membantu anda yang ingin bergabung di Uber. Hal yang di jabarkan diatas asli dari hasil pengalaman saya bukan hal karangan semata dan di suport oleh beberapa web agar mudah di mengerti oleh pembaca blog saya. Maafkan saya kalau ada salah kata dan tidak berkenan dihati anda. Tunggu saya di update blog selanjutnya tentang Uber Taxi ini nanti dikemudian hari saya akan jabarkan pengalaman saya yang sudah masuk di Uber Taxi. Terima Kasih!!!










10 comments:

  1. Mantap pak!
    Mohon infonya, pembagian hasil 65% pemilik mobil dan 35% pengemudi yang menanggung bensin siapa pak?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Saya siap jadi diver bos,klo masih ada lowongan 081325252355

    ReplyDelete
  3. bagi yg ingin bergabung dengan uber bisa menghubungi saya di 085921931313 atau pin bb 5c5d788e

    ReplyDelete
  4. bagi yg ingin mendaftar Uber baik secara individu ataupun di bawah bendera rental silahkan hubungi pin bb 5a160760 tanpa antri, tanpa ribet, langsung aktif

    ReplyDelete
  5. kalo mau daftar jadi partner uber dan atau mau jadi driver pun boleh add my pin bbm yah 7AAB5E81

    ReplyDelete
  6. Mantap mas Bowo, makasih sharingnya, sangat bermanfaat buat saya yang baru mau bergabung dengan uber, mobil an. sendiri, sama seperti Mas Bowo cuma 1 Unit.. minta saran, jadi sebaiknya daftar langsung ke Koperasi/Rental mitra Uber apa langsung ke Uber Pusat?
    Makasih jawabanya..
    Salam ngapak - Wong Slawi @Ichal

    ReplyDelete
  7. Batas usia maksimal driver berapa ya??

    ReplyDelete
  8. Batas usia maksimal driver berapa ya??

    ReplyDelete
  9. Info pendaftaran UBER
    GRATIS !!!

    Link pendaftaran UBER klik :

    https://goo.gl/Di2wfL

    Daftar uber skrg bisa via online jadi ga perlu dtg langsung. Upload dokumen sbb:
    ✔ SIM
    ✔ KTP
    ✔ SKCK
    ✔ STNK
    ✔ Buku Rekening (untuk transfer pembayaran non-tunai)

    Teruskan pesan ini ke kontak kamu, siapa tau ada rekan, teman atau kerabatmu yang butuh

    #SharingIsCaring

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar.